Mengenal Organ Usus Besar dan Fungsinya

Mengenal Organ Usus Besar dan Fungsinya

Usus besar merupakan salah satu organ penting yang dimiliki manusia, yang merupakan jalannya saluran pencernaan dimana semua makanan yang kita konsumsi akan melalui jalur usus besar. Pada postingan berikut kami akan berbagi informasi untuk mengenal organ usus besar dan fungsinya secara mendalam.

Mengenal Organ Usus Besar dan FungsinyaUsus besar atau kolon dalam anatomi adalah bagian usus antara usus buntu dan rektum. Fungsi utama organ ini adalah menyerap air dari feses. Pada mamalia, kolon terdiri dari kolon menanjak (ascending), kolon melintang (transverse), kolon menurun (descending), kolon sigmoid, dan rektum. Bagian kolon dari usus buntu hingga pertengahan kolon melintang sering disebut dengan “kolon kanan”, sedangkan bagian sisanya sering disebut dengan “kolon kiri”.

Struktur Usus Besar dan Fungsinya

  • Fungsi Usus Besar

    Sekarang kita telah memahami berbagai bagian dari usus besar, kita sekarang dapat bergerak maju untuk memahami fungsi dari setiap bagian dari usus besar. Pencernaan makanan telah terjadi di usus kecil, dan hanya air dan penyerapan garam yang terjadi di usus besar. Dengan demikian, usus besar membantu dalam menjaga keseimbangan cairan darah.

  • Fungsi sekum

    Pada titik persatuan ileum dan sekum, terdapat katup atau otot sfingter yang membuka dan mendorong makanan dari ileum ke dalam perluasan sekum. Sekum dari usus besar menerima makanan yang dicerna dari usus kecil dan mendorong ke arah kolon asendens. Serat makanan tidak tercerna diterima dari makanan yang dikonsumsi, air, vitamin, mineral dan garam.

  • Fungsi Kolon

    Usus besar merupakan tempat dari berbagai bakteri yang merupakan bakteri ramah. Bakteri ini memproduksi vitamin K, yang penting untuk proses pembekuan darah tubuh. Sel-sel pada lapisan usus menyerap sebagian besar air, vitamin dan mineral dari massa kelembaban dan makanan tidak tercerna yang diterimanya dari sekum. Oleh kontraksi otot, makanan atau fecal hal ini tidak tercerna yang melewati usus besar dan ke dalam rektum. Penghapusan bahan limbah beracun dari tubuh dalam bentuk tinja, juga merupakan bagian dari fungsi usus besar.

  • Fungsi rektum

    Rektum menerima kotoran dari kolon sigmoid dan menyimpannya sampai diekskresikan melalui melalui anus, bagian terakhir dari sistem pencernaan.

Fungsi yang tidak tepat dapat mengakibatkan kondisi seperti tinja hijau, sindrom iritasi usus, sembelit dan penyakit Crohn. Dengan demikian, peran yang memainkan usus besar sangat penting bagi kesejahteraan kita. Dengan menggambar diagram sederhana atau menampilkan video, seseorang dapat menjelaskan fungsi usus besar untuk anak-anak untuk memahami dengan mudah.

Nah itu dia informasi mengenai organ usus besar dan fungsinya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya dan juga bisa share kepada tema serta kerabat anda tentang organ usus besar dan fungsinya.

reposted by: obat usus buntu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s